3 Cara Riset Produk Online Shop Terlaris Di Marketplace

Riset Produk Online Shop Terlaris – Jika Anda berencana untuk berjualan online baik secara dropship atau pun mau stok sendiri, dan sedang mencari – cari produk serta supplier yang tepat di market place, terutama di Tokopedia, Bukalapak atau Shopee, berarti saat ini Anda sedang membaca artikel yang tepat.

riset produk online shop terlaris

Dalam artikel ini akan membahas lebih detail mengenai cara riset produk yang tepat di market place. Dengan pengetahuan riset produk yang tepat diharapkan bisnis online Anda mampu untuk berkembang dengan lebih baik.

Okey, anggap saja bahwa Anda masih belum bisa menentukan ide produk apa yang akan Anda jual nantinya, jika pun Anda sudah memiliki ide produk yang rencana akan dijual, langkah -langkah berikut juga dapat dilakukan untuk mengetahui apakah produk yang Anda pilih sudah sesuai dengan kriteria pemilihan produk yang tepat.

Untuk langkah yang akan ditunjukkan dibawah ini secara garis besar yaitu, mencari ide produk melalui market place yang kemudian produk tersebut akan kita jual lagi lewat facebook atau Instagram toko online kita sendiri (kecuali jika Anda sudah punya kenalan suppliernya, langkah 1 bisa di skip aja).

Let’s Go….

Langkah 1:

Langkah awal yang paling mudah adalah kumpulkan dahulu beberapa nama produk yang rata – rata terjual laris di market place, misal tuliskan dahulu kurang lebih 10 nama barang atau jasa yang ingin Anda riset. Dalam hal ini, ada 2 langkah yaitu secara manual dan secara otomatis.

A. Riset Produk Secara Manual.

Mari kita ambil contoh, mencari produk laris di salah satu market place, yaitu Tokopedia.

    1. Buka website Tokopedia
      Cek screenshot dibawah ini, lihat contoh:
      Kategori utama > rumah tangga > kebersihan > vacuum cleaners
      Kemudian  saya short dengan pilihan : penjualan ( dari besar ke kecil)

riset produk online shop terlaris2. Dari hasil short penjualan diatas dapat ditemukan 1 produk yang terjual lebih dari 2000 testimoni, yaitu “vacuum cleaner hoover         bolde”. Cek gambar dibawah ini:

riset produk online shop terlaris

Semisal kita ambil contoh produk “vacuum cleaner hoover bolde” sebagai salah satu daftar pilihan produk, lalu lanjutkan untuk ke 9 produk lainnya, silahkan Anda lanjutkan dengan proses yang kurang lebih sama. Biasanya dari pengalaman pribadi, riset produk bisa menghabiskan wakttu sekitar 2-3 hari untuk menemukan beberapa produk yang tepat (termasuk harga, kualitas produk dan supplier yang tepat).

B. Riset Produk Menggunakan Tools (Lebih Cepat dan Akurat)

Bagi Anda yang benar – benar berpikir secara bisnis, waktu amatlah berharga dan mungkin mungkin berfikir bagaimana caranya untuk menemukan produk yang tepat dengan cara cepat, lalu mempromosikannya, sehingga cepat dapat hasil, benar kan??…

Nah, saat ini ada cara cepat untuk melakukan riset produk di market place yaitu dengan menggunakan bantuan tools yang bernama Risetic. Tools berbayar ini bermanfaat membantu mempercepat waktu kita untuk mencari produk yang bagus di marketplace (seperti Tokopedia dan bukalapak). Dan hasilnya komplit, produk yang bagus, harga yang sesuai dan supplier yang tepat, semua pencariannya dapat dibantu secara mudah dan cepat dengan bantuan Risetic ini.

Berikut manfaat Tools Risetic ini :

  • Risetic adalah sebuah web based software yang dapat digunakan tanpa perlu repot instalasi, hanya perlu login dan langsung dapat menemukan produk yang trending. Dan sangat Mobile Friendly, bisa riset produk kapan saja dan dimana saja bahkan sambil tiduran, melalui smartphone Anda.
  • Dengan Risetic anda dapat menemukan produk yang sedang trending di Dua marketplace besar yaitu Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Untuk marketplace yang lain, seperti Lazada, Blibli, dll akan diupdate kedepannya.
  • (Update terbaru: Untuk saat ini Risetic dapat digunakan dengan baik pada Bukalapak, Tokopedia dan Jakmall saja )
  • Riset produk yang sedang trending bisa anda lakukan dengan sangat cepat dan akurat tanpa terkendala loading data yang lama.
  • Dengan Risetic anda dapat menampilkan analisa detail produk (Penjualan, Dilihat, Konversi, Ulasan, Diskusi, Transaksi) yang sangat lengkap dalam 3 Hari , 7 Hari dan 30 Hari
  • Dengan Risetic Anda bisa Sortir produk berdasarkan Harga, Konversi, Jumlah Terjual, Dilihat Tertinggi atau terendah dengan sangat detail
  • Dengan Risetic anda dapat menemukan supplier dengan mudah dan cepat serta dapat diurutkan berdasarkan:
    • Kepuasan
    • Reputasi
    • Rating
    • Transaksi sukses
    • Kecepatan Pengiriman
    • Jumlah produk terjual
  • Mencari Produk yang spesifik dengan cepat menggunakan:
    •  Kata kunci tertentu
    •  Kategori tertentu
    •  Range harga tertentu
    •  Minimum sudah terjual
    •  Bahkan hingga sortir 3 hari, 7 hari dan 30 hari terakhir untuk data Penjualan, Dilihat, Ulasan, diskusi, konversi

Banyak lagi sih manfat Risetic dan Fitur-fitur lainnya, termasuk adanya Responsive Support Grop yang siap membantu kesulitan Anda.

Sebenarnya,  jika dilihat dari nilai investasinya, nilainya sangat kecil jika dibandingkan dengan besaran omzet dan profit yang akan Anda dapat, ini dibuktikan dengan trial selama 2 minggu oleh tim online shop nya Mas Aditya (product Creatornya Risetic), team nya bisa jual 4-5 produk dari hasil riset pakai RISETIC, hanya dalam waktu 2 mingguan, omzet hampir 23juta, diiklankan pakai FB ads…kerenn banget pakai tools ini…jualan jadi lancarr…

Jadi, Anda ingin tahu lebih banyak mengenai tools ini?

Ada Video Demonya juga disini, cek saja ya,  klik disini  >> RISETIC.

Sekian mengenai Risetic ya..

Yukkk Lanjut….

Upss…. Tunggu dulu…..proses riset produk secara manual yang komplit sebenarnya belum berakhir sampai disini ya… kita lanjutkan langkah ke 2,  riset produk ke social media ya…

Langkah 2:

Karena ingin memastikan bahwa produk ini bisa laku di social media, maka saya buka facebook saya dan saya ketikkan di browser atas, seperti ini:

https://www.facebook.com/search/str/namaproduk/stories-keyword/intersect

lebih jelas di screenshoot berikut:

riset produk online shop terlaris

hasilnya, sudah ada beberapa akun facebook yang menjual produk tersebut, dilihat dari tanggalnya, produk tersebut juga masih baru saja diupload, harga jual dibawah 500 rb, serta banyak yang like … jadi masih hangat – hangatnya…

Begitu juga kalo di Instagram ya, cek saja apa sudah banyak yang jualan, jika masih 1 atau 2 akun saja yang jual, wahh…pertanda bagus, segera saja … buruan sebelum banyak yang jual … hihihi…

Nah lanjut langkah ke 3 yukkk.. cek dulu trend produk lewat google trend

Langkah 3:

Cek trend produk lewat google trend. Buka link ini di browser Anda:

https://trends.google.com/trends/?geo=ID

Dari hasil google trend, produk ini masih menjadi trend atau ada peminat nya, walaupun grafiknya datar.

riset produk online shop terlaris

Ada beberapa kriteria pemilihan produk yang boleh menjadi pertimbangan Anda, antara lain yaitu:

  1. Produk banyak dijual di Market Place dan juga social media
  2. Produk banyak dicari orang melalui search engine ( google)
  3. Masa Trend produk masih bagus pencarinya
  4. Harga jual produk tidak terlampau tinggi, menurut pengalaman pribadi produk yang cepat terjual adalah dikisaran harga dibawah 500 ribu.
  5. Profit minimal 30rb ( preferensi, suka -suka saja sesuai keinginan Anda berapa selisih profit yang diinginkan, jangan terlalu sedikit, ingat mungkin ada biaya iklan, pulsa, dll yang harus kita tanggung juga. Kalo saya biasanya patokan sekitar minimal 25-35rb per produk)
  6. Produk termasuk sulit jika dicari di toko online atau mall
  7. Produk Unik dan Aneh ( optional sifatnya ). Karena bukan hanya produk unik dan aneh saja yang bisa laku dijual online.
  8. Produk yang memberikan solusi

Poin 1, 3, 4, 5 sudah dishare diatas ya…

Untuk poin 6, 7, 8 sepertinya Anda harus cek- cek dulu atau cari info apakah tersedia di toko offline apa tidak…jika tidak banyak yang menjual, berarti peluang untuk dijual online masih sangat terbuka lebar. Untuk poin 7 dan 8, sepertinya produk dapat dikategorikan menarik dan pastinya problem solving, bisa membantu mempermudah kita dalam membersihan ruangan kamar, ruang tamu dan ruang kerja kita.

Khusus untuk poin 2. Produk banyak dicari orang melalui search engine ( google), akan dibahas di artikel yang lain dan akan dijelaskan juga caranya membuka akun google ads dan menggunakan bantuan tools keyword planner untuk riset produk sekaligus cara riset keyword. So, stay tune. Don’t miss it.

Anda boleh share info ini jika dirasa bermanfaat.

Salam Sukses dan Bahagia Selalu

RB

~Keep Being Hungry & Keep Being Stupid~

3 Comments

  1. Edi
  2. RB

Leave a Reply

error: Content is protected !!